Xiaomi Mi 11 Ultra

Posted on
Xiaomi-Mi-11-Ultra
Ulasan Xiaomi Mi 11 Ultra: David vs Goliath

Berikut ulasan mendetail kami tentang flagship premium terbaru dari Xiaomi

TEKNOLOGIA.MY.ID – Xiaomi telah mengamati segmen smartphone premium selama beberapa menit, yang saat ini didominasi oleh Apple, Samsung, dan sampai batas tertentu, OnePlus – setidaknya di India. Sementara beberapa orang akan membantah membayar banyak uang untuk handset premium Xiaomi, OEM smartphone veteran bertaruh besar pada peta jalan barunya, yang dimulai dengan peluncuran seri ponsel Mi 10 tahun lalu. Menariknya, Xiaomi menghilangkan andalan Mi 10 Ultra dari jajaran tahun lalu tetapi, sepertinya sarung tangan itu akhirnya lepas karena perusahaan baru-baru ini mengumumkan Mi 11 Ultra bersama dengan Mi 11X dan Mi 11X Pro di India.

Didukung oleh prosesor Qualcomm terbaru, pengaturan kamera tingkat atas dengan zoom 120X, dan tampilan yang memukau, Mi 11 Ultra menawarkan segalanya kepada pembeli kecuali wastafel dapur dan harganya juga cukup menarik. Jadi, apakah Mi 11 Ultra menandai kemenangan atas Samsung Galaxy S21 Ultra ( ulasan ), dan OnePlus 9 Pro ( ulasan )? Atau ponsel ini terlalu bagus untuk jadi kenyataan? Pantau terus, saat saya mencoba menjawabnya di ulasan lengkap saya.

Sederhananya, Xiaomi Mi 11 Ultra, andalan terlengkap di luar sana. Handset dikirimkan dengan prosesor yang luar biasa cepat, tampilan yang menakjubkan, dan tumpukan kamera yang mengesankan. Yakinlah, smartphone harus berada di bagian atas wishlist Anda jika Anda sedang mencari flagship premium.

Rancangan
Saya tidak akan bertele-tele sama sekali – desain Xiaomi Mi 11 Ultra cukup terpolarisasi dan untuk alasan yang bagus. Di satu sisi, handset terasa sangat premium dan kuat, berkat bagian belakang keramiknya yang membedakannya dari kawanan telepon belakang kaca / logam lainnya di pasaran. Di sisi lain, tonjolan kamera smartphone menonjol ke ketebalan yang hampir sama dengan sasis ponsel dan mencakup lebar smartphone juga. Sekarang, meskipun desainnya membawa saya kembali ke masa Nexus 6P, saya tidak akan menyalahkan Anda karena mengira tonjolan kamera menonjol seperti ibu jari yang sakit.

Untuk kredit perusahaan, modul kamera memang menampung tiga sensor besar, bersama dengan layar OLED 1,1 inci sekunder yang dapat dipahami, juga membutuhkan ruang. Terlebih lagi, melihat bagaimana modul menjangkau lebar ponsel, sasis Mi 11 Ultra juga tidak goyah saat diletakkan di permukaan yang rata. Tapi itu tidak menghilangkan fakta bahwa benjolan kamera berukuran super smartphone mungkin tidak sesuai untuk semua orang. Secara khusus, ergonomi handset meninggalkan banyak hal yang diinginkan dan sementara Mi 11 Ultra terasa luar biasa mewah untuk dipegang, ukuran dan bobot handset (234g) akan sangat membebani pergelangan tangan Anda. Tambahkan ke rangka licin unit itu dan Anda harus memiliki saraf baja untuk menggunakan telepon tanpa casing pelindung.

Cukup mengecewakan, meskipun sasisnya menjulang tinggi, Mi 11 Ultra tidak dikirimkan dengan jack headphone. Meski begitu, perusahaan telah memperoleh sertifikasi resolusi tinggi untuk audio berkabel dan nirkabel dan bahkan telah menggabungkan adaptor 3,5 mm dengan kemasan ritel untuk menenangkan audiofil. Selain itu, handset dikirimkan dengan – menurut pendapat saya – pengaturan speaker stereo dengan suara paling keras yang pernah saya uji hingga saat ini. Xiaomi bahkan merekrut ahli audio dari Harmon Kardon untuk menyempurnakan output pasangan dan tentu saja, audio yang disampaikan melalui speaker terdengar kaya, menawarkan kejernihan maksimal, dan bebas dari distorsi bahkan pada level volume tinggi.

Haptics Xiaomi Mi 11 Ultra, bersama dengan biometrik cepat smartphone juga merupakan bulu di tutup ponsel. Sebagai seseorang yang menulis email panjang di ponsel mereka setiap hari, saya kagum dengan umpan balik haptic Mi 11 Ultra yang ketat dan ringkas. Sensor sidik jari dalam layar juga berfungsi seperti pesona dan unit ini terasa lebih akurat daripada yang ada di Samsung Galaxy S21 Ultra. Hal yang sama berlaku untuk perangkat lunak pengenal wajah smartphone, yang membawa saya ke layar utama begitu saya mengangkat telepon. Dan, meskipun memposisikan smartphone di segmen premium, perusahaan telah mengambil halaman dari penawarannya yang terjangkau dan telah melengkapi Mi 11 Ultra dengan blaster IR juga. Akibatnya, Anda harus dapat mengontrol sebagian besar, jika tidak semua barang elektronik di tempat Anda dengan telepon.

Jangan salah – Xiaomi Mi 11 Ultra adalah proposisi mahal dan perusahaan telah menyelimuti smartphone di Gorilla Glass Victus Corning untuk melindungi investasi Anda dengan sebaik-baiknya. Selain itu, handset ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68, membuatnya tahan terhadap kerusakan akibat air atau kelembapan.

Menampilkan
OEM ponsel cerdas terus-menerus mencoba untuk meningkatkan satu sama lain, secara rutin menyebabkan perang spesifikasi, dan terkadang membuka jalan bagi inovasi yang aneh. Contoh kasus – layar sekunder Xiaomi Mi 11 Ultra yang terletak di dalam modul kamera belakang smartphone. Layar OLED 1,1 inci melayani beberapa tujuan berbeda dan dapat digunakan sebagai jendela bidik untuk mengambil foto narsis dari kamera belakang, serta menunjukkan waktu dan pemberitahuan. Dalam praktiknya, layarnya terasa cukup membatasi, sampai-sampai saya menganggapnya sebagai tipu muslihat.

Pertama, smartphone sudah dilengkapi dengan Always-on Display untuk layar utama yang menawarkan keterbacaan lebih baik dan menjaga layar utama bebas goresan karena panel tidak perlu bersentuhan langsung dengan permukaan. Kedua, cukup sulit untuk membingkai bidikan di layar kedua, terutama saat ponsel berada dalam jarak dekat.

Untungnya, layar utama smartphone sangat luar biasa. Layar 10-bit berukuran 6,81 inci, menawarkan resolusi QHD +, dan menyegarkan pada 120Hz juga. Terlebih lagi, unit ini menawarkan kecerahan puncak 1.700 nits, dan juga sesuai dengan standar HDR 10+, yang berarti Anda akan dapat melakukan streaming acara TV favorit Anda dari berbagai platform OTT dengan kualitas setinggi mungkin. Layar juga dilengkapi dengan lekukan lubang kecil, menjaga gangguan seminimal mungkin saat mengonsumsi konten di telepon, dan itu bagus.

Sama seperti kebanyakan ponsel Xiaomi lainnya, Mi 11 Ultra juga menawarkan banyak opsi penyesuaian yang dapat Anda gunakan untuk mengubah suhu warna layar. Setelah boot, profil warna akan diatur ke Otomatis, tetapi saya perhatikan bahwa panel mengeluarkan warna paling alami dalam mode sRGB, yang dapat ditemukan di bawah pengaturan tampilan lanjutan. Anda juga akan mendapatkan mode gelap khusus di sini yang berfungsi seperti yang diiklankan meskipun menggunakan UI untuk beberapa aplikasi seperti Snapchat dan Amazon. Untungnya, Anda dapat menonaktifkan mode gelap untuk masing-masing aplikasi di Mi 11 Ultra, jadi tidak ada salahnya, tidak busuk.

Saya juga ingin menyentuh kecepatan refresh panel 120Hz yang membuka jalan untuk animasi UI yang halus dan lembut. Selain itu, seperti Samsung Galaxy S21 Ultra, Xiaomi Mi 11 Ultra juga memungkinkan pengguna menikmati kecepatan refresh 120Hz bahkan dengan resolusi layar diatur ke QHD. Dan, ketika menjalankan utilitas Pemeriksa Layar bersama dengan aplikasi lain, saya perhatikan bahwa handset mempertahankan kecepatan refresh 120Hz di sebagian besar aplikasi, kecuali YouTube dan Netflix, di mana layar default ke 60Hz. Selain itu, panel ini juga mendukung tingkat pengambilan sampel sentuh 480Hz yang bila dipasangkan dengan ukuran layar yang dapat menampung, akan meningkatkan pengalaman bermain game pengguna juga.

Kamera
Klaim ketenaran Mi 11 Ultra adalah pengaturan kameranya dan di sini, Xiaomi benar-benar mengalahkan dirinya sendiri. Sedemikian rupa, saya akan mengambil risiko dan mengatakan bahwa Xiaomi Mi 11 Ultra memiliki pengaturan kamera terbaik di ponsel Android mana pun, titik. Hal yang paling menarik adalah bahwa harga smartphone jauh lebih murah dibandingkan dengan Galaxy S21 Ultra dan meskipun demikian, mengalahkan para pesaingnya secara mengagumkan.

Ironisnya, Xiaomi telah memilih sensor 50MP ISOCELL GN2 andalan Samsung yang, bagi yang belum tahu, merupakan sensor kamera terbesar di ponsel mana pun hingga saat ini dan menawarkan unit 1 / 1,12 ″ dengan ukuran piksel 1,4 mikrometer. Sebaliknya, Samsung Galaxy S21 Ultra dikirimkan dengan unit 108MP, meskipun sensor, serta piksel individu masing-masing lebih kecil pada 1 / 1,33 ″ dan 0,8 mikrometer. Akibatnya, sensor utama Mi 11 Ultra dapat membiarkan lebih banyak cahaya masuk yang menghasilkan gambar berkualitas lebih tinggi. Saya mengambil beberapa bidikan perbandingan dari keduanya, Mi 11 Ultra serta S21 Ultra, yang akan membantu Anda lebih memahami perbedaan dalam kualitas gambar keduanya.

Xiaomi Mi 11 UltraSamsung Galaxy S21 Ultra
Dalam skenario siang hari, penawaran Mi 11 Ultra sekolah Samsung, dan bidikan dari ponsel Xiaomi menunjukkan detail yang jauh lebih tinggi dan terkadang, rentang dinamis yang lebih baik juga. Ini terbukti dari bidikan pertama kompleks apartemen ini. Di sini, pada pemangkasan yang lebih dekat, foto Mi 11 Ultra menunjukkan detail yang lebih baik pada kulit pohon di bagian depan bingkai, serta pada cermin cembung yang diposisikan lebih jauh ke belakang. Terlebih lagi, semak-semak di sepanjang jalan setapak tidak memiliki suara apa pun pada foto Mi 11 Ultra, meskipun mengalami bintik-bintik pada bidikan Galaxy S21 Ultra.

Dengan cara yang sama, Mi 11 Ultra juga menangkap sisi berlawanan dari kompleks apartemen saya, dengan komposisi smartphone yang menghasilkan detail sudut yang superior dibandingkan dengan bidikan S21 Ultra. Hal yang sama terbukti jika Anda memperbesar dan menggeser ke arah generator cadangan, yang mempertahankan ketajamannya dalam bidikan Mi 11 Ultra, meskipun tampak kabur di foto S21 Ultra.

Balik halaman ke bidikan bangunan merah muda berikutnya ini dan Anda akan melihat hal yang sama lagi – foto Mi 11 Ultra memperlihatkan bayangan jauh lebih baik, menawarkan ketajaman superior, dan memaksimalkan detail dalam komposisi.

Pemandangan tetap tidak berubah saat saya membandingkan foto dari sensor sudut lebar Mi 11 Ultra dan S21 Ultra. Sekarang, kredit di mana kredit jatuh tempo – ilmu warna S21 Ultra relatif lebih konsisten di berbagai sensor kameranya. Namun, gambar dari lensa sudut ultra lebar smartphone tampak terlalu tajam pada pemangkasan yang lebih dekat. Di sisi lain, keluaran Mi 11 Ultra, meskipun tidak akurat warnanya, menawarkan detail yang jauh lebih tinggi secara keseluruhan. Tentu saja, kedua smartphone hadir dengan kemampuan zoom yang luar biasa juga, dan di sini, saya perhatikan bahwa output dari S21 Ultra sedikit lebih menarik bagi mata. Meskipun detailnya kurang lebih sama di bidikan 3X, 5X, dan 10X yang saya ambil dari kedua ponsel, warnanya terasa lebih baik pada penawaran Samsung.

Dalam hal cahaya redup, Mi 11 Ultra menunjukkan kekuatannya yang sebenarnya dan mengklik gambar yang lebih jelas daripada pesaing. Misalnya, dalam bidikan ruang tamu saya, sensor Mi 11 Ultra yang lebih besar berhasil memeras lebih banyak detail yang dapat dilihat jika Anda memperbesar bantal atau tirai di latar belakang. Demikian pula, bidikan cahaya redup pada bangunan menghasilkan detail superior pada foto Mi 11 Ultra, dan sensor juga mengendalikan noise dan flaring lensa dengan baik. Saya dapat melanjutkan dan melanjutkan, dan memberi Anda lebih banyak sampel kamera dari kedua ponsel tetapi untuk mempersingkat cerita, Galaxy S21 Ultra tidak dapat menahan lilin ke sensor utama Mi 11 Ultra di sebagian besar skenario.

Sedangkan untuk selfie, sensor depan 20MP Xiaomi Mi 11 Ultra juga mengklik gambar yang bisa diservis. Meskipun demikian, mereka yang ingin mengambil foto selfie berkualitas lebih tinggi selalu dapat menggunakan kamera belakang ponsel secara default. Untuk video, Xiaomi Mi 11 Ultra mampu merekam cuplikan hingga resolusi 8K, yang tentunya berlebihan bagi sebagian besar pengguna. Namun, rekaman 1080p60fps ponsel tampak luar biasa dengan stabilitas yang cukup, jangkauan dinamis yang baik, dan warna-warna cerah.

Performa, Perangkat Lunak, dan Masa Pakai Baterai
Tidak ada kejutan di sini, Xiaomi Mi 11 Ultra dikirimkan dengan kualitas terbaik dari Qualcomm, prosesor Snapdragon 888. SoC telah dipasangkan dengan 256GB built-in, penyimpanan UFS 3.1 yang tidak dapat diupgrade dan memori LPDDR5 12GB. Tidak mengherankan, Mi 11 Ultra jarang akan membuat Anda menginginkan lebih banyak tenaga kuda dan handset terasa sangat cepat selama tugas saya dengannya – aplikasi dibuka dengan cepat, game berjalan pada preset setinggi mungkin tanpa masalah apa pun dan handset juga mengeluarkan skor yang luar biasa dalam aplikasi benchmarking. . Di Antutu Benchmark, handset mengeluarkan skor 7,83.751 poin pada putaran pertama, yang berbicara banyak tentang kehebatan komputasi perangkat. Selain itu, handset ini mencetak 1.101 dan 3.383 poin dalam tes single-core dan multi-core GeekBench juga, yang setara dengan flagships yang bersaing juga.

Sekarang, yang menarik, smartphone menjadi cukup hangat saat menjalankan Antutu dan pada putaran berikutnya, Mi 11 Ultra memang menurunkan skor beberapa ribu poin. Meski begitu, saya tidak mengalami pelambatan termal saat menggunakan ponsel untuk berbagai game, seperti Call of Duty Mobile dan Genshin Impact.

Faktanya, handset tetap dingin saat disentuh bahkan setelah satu jam bermain game dengan grafis yang dimaksimalkan pada judul-judul yang disebutkan di atas, yang luar biasa. Akibatnya, dari tempat saya berdiri, smartphone hanya menunjukkan lonjakan suhu saat menjalankan pengujian sintetis karena cenderung mendorong CPU ke batas absolutnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang hal yang sama saat menggunakan telepon setiap hari.

Sedangkan untuk perangkat lunak, Xiaomi Mi 11 Ultra dikirimkan dengan perusahaan MIUI v12 di atas Android 11. Pengalaman perangkat lunak pada smartphone adalah tas campuran dan sementara handset tidak akan mengacaukan baki notifikasi Anda dengan iklan, telepon masih dilengkapi dengan bloatware dan aplikasi duplikat. Terlebih lagi, untuk alasan di luar pemahaman saya, smartphone tidak mendukung gerakan navigasi untuk peluncur pihak ketiga, termasuk Poco Launcher milik Xiaomi sendiri. Selain itu, pengalaman software tetap sama seperti yang terlihat pada ponsel Xiaomi lainnya jadi, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang fitur-fitur yang ditawarkan, pastikan untuk membaca ulasan lengkap saya tentang smartphone Xiaomi Mi 11X .

Dari segi daya tahan baterai, Xiaomi Mi 11 Ultra menawarkan daya tahan yang luar biasa. Smartphone ini dilengkapi dengan sel 5.000mAh yang dengan tampilan diatur ke resolusi QHD + dan kecepatan refresh 120Hz, membuat saya memiliki layar sekitar 5,5 jam tepat waktu. Untuk yang belum tahu, penggunaan saya mencakup lebih dari satu jam bermain game, bersama dengan menjalankan aplikasi media sosial seperti Snapchat, Instagram, WhatsApp, dan Twitter di telepon. Terlebih lagi, Anda dapat dengan mudah mendapatkan lebih dari enam jam SoT dengan layar yang disetel ke resolusi FHD +. Sebagaiuntuk pengisian daya, nah, Mi 11 Ultra hadir dengan dukungan untuk pengisian kabel dan nirkabel 67W, meskipun pengisi daya dikirimkan kepada saya dengan telepon dimaksimalkan pada 55W. Tetap saja, saya bisa mengisi bahan bakar handset dari 0-100 persen hanya dalam 56 menit, yang luar biasa. Jangan sampai saya lupa, smartphone ini juga dilengkapi dengan pengisian nirkabel terbalik 10W.

Putusan Akhir
Xiaomi telah lama berkuasa dalam anggaran dan segmen yang terjangkau dan hingga saat ini, terkenal dengan penawaran VFM-nya di negara ini. Namun, dengan peluncuran Mi 11 Ultra, perusahaan juga telah membuktikan keberaniannya di segmen premium. Xiaomi Mi 11 Ultra, tanpa diragukan lagi, adalah salah satu ponsel paling kaya fitur yang bisa Anda dapatkan dan perangkat berhasil mencentang semua kotak yang tepat. Terlebih lagi, untuk harga yang diminta Rs 69.999, handset ini mengalahkan musuh terbesarnya, Galaxy S21 Ultra dengan selisih besar dan meskipun demikian, menawarkan tumpukan kamera yang superior dan kinerja yang lebih cepat untuk boot.

Sekarang, tak perlu dikatakan bahwa smartphone akan membuat banyak alis di negara ini – lagipula, ini adalah ponsel bermerek Xiaomi yang paling mahal. Tapi, untuk apa nilainya, saya akan memilih Mi 11 Ultra dalam sekejap.

Nilai editor: 4/5

Kelebihan:
Tampilan cantik
Kamera luar biasa
Berkinerja mulus
Pengalaman audio yang nyata

Kekurangan:
Mahal
Tebal
Tonjolan kamera sangat besar
Lensa telefoto dapat dilakukan dengan beberapa penyesuaian

aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Similar Posts