Vivo X60

Posted on
Vivo X60
Ulasan Vivo X60: memberi jalan bagi pembunuh andalan baru

Dengan banderol harganya yang menarik yaitu Rp 7,9 jutaan, X60 tentunya layak untuk Anda perhatikan

TEKNOLOGIA.MY.ID – Anda mungkin sudah bisa menebak sekarang apa yang kami maksud. Merek smartphone yang bermitra dengan pembuat kamera terkenal untuk meningkatkan kualitas fotografi pada smartphone mereka (kemitraan antara Nokia dan Zeiss adalah yang paling populer) bukanlah konsep baru, dan tampaknya lebih banyak merek ponsel yang mengambil rute ini sekarang. Huawei dan Leica telah bekerja sama untuk seri P dan Mate raksasa China, sedangkan OnePlus baru-baru ini bekerja sama dengan Hasselblad untuk membantu menyempurnakan kamera pada seri OnePlus 9.


KOTAK INFORMASI

Berapa harga Vivo X60 Series 5G?
Jika berminat, Vivo X60 dijual dengan harga Rp 7.999.000 juta dan Vivo X60 Pro dijual dengan harga Rp 9.999.000 juta
tekno.kompas.com

Apakah VIVO X60 Tahan Air?
Perangkat ini tahan debu dan tahan air.
versus.com

Vivo 5G harganya berapa?
Harga HP Vivo V21 5G resmi dibanderol Rp 5,7 jutaan, mari intip spesifikasinya. ILUSTRASI. Vivo V21 5G resmi diluncurkan di Indonesia pada hari Senin, 24 Mei 2021.
lifestyle.kontan.co.id

Vivo X60 Pro kapan masuk Indonesia?
KOMPAS.com – Vivo resmi memboyong dua smartphone terbarunya dari keluarga X Series, yaitu X60 dan X60 Pro, lewat acara peluncuran yang disiarkan langsung di kanal resmi media sosial Vivo Indonesia, Kamis (8/4/2021).
tekno.kompas.com

Kapan vivo X60 Pro Rilis di Indonesia?
KOMPAS.com – Vendor smartphone Vivo akan secara resmi meluncurkan dua smartphone teranyarnya dari keluarga X Series, yakni Vivo X60 dan X60 Pro, di Indonesia, pada Kamis (8/4/2021) malam ini.
tekno.kompas.com

Berapa RAM vivo X60 Pro?
Untuk mendukung performa, vivo X60 Pro dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 870 5G dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB yang tentu cukup luas.
iPriceiprice.co.id

Berapa Harga HP Vivo Y12?
Jika mengacu pada situs resmi Vivo Indonesia, harga HP Vivo Y12 dibanderol Rp 1.999.000 untuk varian dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sementara harga HP Vivo Y12 untuk varian dengan memori internal 64GB dibanderol hanya Rp 2.099.000, masih relatif murah untuk HP di kelasnya.
lifestyle.kontan.co.id


Senada, Vivo untuk pertama kalinya bermitra dengan Zeiss untuk seri X60-nya. Vivo telah bekerja untuk meningkatkan kemampuan fotografinya untuk sementara waktu sekarang, dengan seri X50 tahun lalu ( ulasan ) menjadi paket kejutan. Berkat kemitraan baru dengan Zeiss ini, Vivo memastikan kami benar-benar menyadari kehebatan kamera penerus seri X50 sejak awal. Semakin tinggi-end X60 Pro ( tinjauan ) dan X60 Pro + ( tinjauan ) telah pergi melalui review menggiling kami, dan sekarang waktu untuk kita lihat pada korban yang paling terjangkau di kisaran – yang Vivo X60. Saya telah menggunakannya selama hampir seminggu untuk memberi Anda ulasan Vivo X60. Tanpa basa-basi lagi, mari selami.

Satu hal yang terbukti tentang X60 adalah Anda tidak boleh menganggapnya dari lensa ini sebagai smartphone Vivo. Alasannya sederhana; trio X60 terlihat berkelas berbeda dari persembahan lain dari kandang merek. Model dasar dalam seri – Vivo X60 – menampilkan desain yang menarik, perangkat keras yang kuat, kamera yang mengesankan, dan baterai yang tidak tahu bagaimana menyerah … semuanya dengan harga unggulan yang menarik sebesar Rp 7,9 jutaan.

Itu tidak berarti bahwa Vivo X60 tidak memiliki kekurangan. Tetapi jika Anda berada di pasar untuk smartphone kelas flagship yang mumpuni di segmen sub-Rs 40k, maka Vivo X60 tidak dapat diabaikan begitu saja.

Lowdown
Kami telah meninjau saudara kandung Vivo X60 yang lebih berprestasi, dan karena itu, tidak ingin mengulangi poin yang sama. Faktanya, jika Anda melihat lembar spesifikasi Vivo X60 dan X60 Pro, Anda akan melihat bahwa handset tersebut sangat mirip. Karenanya, saya akan fokus pada atribut umum secara singkat, dan kemudian berbicara tentang faktor pembeda spesifik dari X60.

Dari luar, baik Vivo X60 maupun X60 Pro adalah kembar. Dan itu berarti X60 langsung menarik perhatian Anda dengan penyelesaian gradien yang unik. Kami telah melihat banyak ponsel dengan pola gradien, namun Vivo mampu membuat panel X60 terlihat cukup menarik. Tersedia dalam warna Midnight Black dan Shimmer Blue, saya mendapatkan yang terakhir, dan ini adalah pembuka percakapan instan dengan siapa saja yang melihatnya.

Meskipun beratnya 176g, ini terasa cukup ringan, dan juga ramping, hanya berukuran 7,3mm di sekitar pinggangnya. Meski terlihat menarik, namun saya harus menggunakan ponsel dengan casing transparan yang dibundel, karena cover belakangnya cukup licin. Dan sekarang musim panas telah tiba, tangan menjadi berkeringat dalam beberapa menit setelah menggunakan perangkat. Belum lagi fakta bahwa modul kamera pada X60 cukup menonjol. Meskipun penempatan tombol dan port sudah standar (orang tidak bisa lagi mengeluh tentang soket headphone yang hilang), saya sangat menyukai pola bertekstur pada sakelar daya, membuatnya lebih mudah untuk ditemukan hanya dengan merasakannya.

Fascia didominasi oleh layar AMOLED berukuran 6,56 inci dengan resolusi full HD +. Seperti yang diharapkan dari flagships tahun 2021, layarnya menampilkan dukungan HDR 10+ dan menawarkan kecepatan refresh 120Hz. Lubang punch juga tidak terlalu mengganggu, dan tidak mengurangi pengalaman imersif yang disediakan oleh layar. Saya suka menggunakan langganan premium YouTube saya untuk menonton film secara berlebihan setelah hari yang melelahkan di tempat kerja. Yang mengatakan, deteksi tepi tidak sesuai dengan sasaran karena saya harus memegang telepon dengan cara tertentu untuk memastikan bahwa layar tidak mendaftarkan sentuhan yang tidak disengaja.

Terlepas dari tampilan luarnya, X60 juga memiliki banyak kesamaan dengan jeroan Vivo X60 Pro. Smartphone ini mengambil daya dari chipset Qualcomm Snapdragon 870, iterasi yang ditingkatkan dari SoC Snapdragon 865 tahun lalu. Silikon octa-core berkemampuan 5G memastikan bahwa perangkat dapat menangani apa pun yang dilemparkan kepadanya seperti seorang juara. Selama penggunaan saya selama seminggu, saya tidak menemukan kelambatan atau gagap apa pun meskipun menggunakan banyak aplikasi. Beralih di antara mereka juga seketika, berkat RAM sebesar 8 giga. Ada 3 gigs RAM virtual juga yang memungkinkan perangkat meminjam ruang dari penyimpanan untuk dialokasikan ke RAM. Faktanya, merek tersebut mengklaim bahwa hingga 20 aplikasi dapat di-cache di handset dengan menggabungkan RAM virtual dengan RAM yang terpasang.

Dengan GPU Adreno 650, bermain game di Vivo X60 juga menyenangkan. Saya memainkan judul Call of Duty Mobile dan Asphalt 9 pada pengaturan tertinggi selama lebih dari 30 menit, dan pengalaman itu sempurna. Perangkat terkadang cenderung memanas, tetapi tidak selalu, dan itu juga tidak memengaruhi kinerja. Mengurus kebutuhan penyimpanan Anda adalah penyimpanan 128 GB UFS 3.1, meskipun Anda tidak dapat memperluasnya lebih jauh.

Salah satu perbedaan terbesar antara Vivo X60 dan X60 Pro adalah bukaan kamera utama. Sementara kedua smartphone hadir dengan susunan tiga kamera yang memiliki penembak 48MP, kakap X60 memiliki aperture f / 1.79 (vs f / 1.48 pada X60 Pro). Terlepas dari ukuran bukaan, bagaimanapun, sensornya sama dalam hal ukuran dan ukuran pikselnya juga. Dua sensor lainnya juga sama – penembak sudut lebar 13MP, ditambah kamera telefoto 13MP yang menawarkan zoom optik 2x dan berfungsi ganda sebagai kamera kedalaman. Di bagian depan, kedua ponsel mendapatkan lensa selfie 32MP.

Dari segi kualitas, Vivo X60 memenuhi semua kondisi pencahayaan. Bidikan siang hari menangkap tingkat detail yang menakjubkan, dan reproduksi warna juga menyenangkan. Close-up dan potret juga mengesankan, sementara foto yang diambil di lingkungan redup berhasil menjaga kebisingan tetap terkendali. Tentu saja, Anda mendapatkan AI dan mode malam bersama dengan banyak opsi lain di aplikasi kamera yang ramah pengguna untuk membantu Anda menangkap pemandangan dengan cara terbaik. Saya menemukan AI menjadi agresif dalam beberapa kasus, tetapi itu berfungsi dengan baik di sebagian besar skenario. Mode malam juga cukup mumpuni, dan ada mode Super Moon juga, jika Anda ingin mengabadikan bulan. Berbicara tentang mode malam, saya suka fakta bahwa smartphone memungkinkan Anda menggunakan fitur ini dengan kamera sudut lebar juga. Anda bahkan dapat menangkap panorama menggunakan mode malam.

Singkatnya, saya suka memicu senang dengan smartphone, seperti yang disarankan gambar di bawah ini.

Tidak hanya foto, X60 juga mengesankan dengan kemampuan videografinya. Ini fitur stabilisasi 5-sumbu untuk memastikan keluaran yang mulus. Untuk selfie, sensor resolusi tinggi 32MP memastikan bahwa permainan media sosial Anda tepat.

Terakhir, Vivo X60 dilengkapi dengan baterai 4.300mAh, yang hanya 100mAh lebih tinggi dari yang ada di X60 Pro. Meskipun mungkin tidak terdengar terlalu besar di era ketika kita melihat baterai 6.000 mAh menjadi norma, ini memastikan bahwa telepon bertahan sehari dan beberapa hari. Saya hampir tidak perlu mengisi daya perangkat sebelum tengah hari kedua dan mendapatkan waktu layar aktif hingga enam jam.

Mirip dengan Vivo X60 Pro, X60 hadir dengan fungsionalitas Flash Charge 33W. Itu berarti Anda dapat meningkatkannya dari 10 hingga 100 persen dalam waktu lebih dari satu jam. Saya pikir perangkat seharusnya mendukung pengisian nirkabel juga, yang merupakan salah satu keunggulan dari smartphone andalan sejati.

Di sisi perangkat lunak, X60 hadir dengan Funtouch OS 11.1 berbasis Android 11. Jika Anda menggunakan ponsel Vivo setelah waktu yang lama, Anda akan terkejut dengan seberapa jauh antarmukanya telah berkembang. Meskipun ada banyak bloatware yang sudah diinstal sebelumnya, UI tidak terlalu sesuai dengan Anda dengan ikon dan fontnya, dan menawarkan pengalaman yang lancar juga. Itu tidak berarti bahwa itu sempurna versus implementasi stok.

Saya sangat menghargai fakta bahwa Vivo X60 dibundel dengan earphone di dalam kotak, meskipun Anda harus menggunakannya dengan adaptor Type-C. Pada usia di mana merek menghapus pengisi daya dinding (berbicara tentang merek tertentu dari Cupertino), ini memang disambut baik. Selain itu, earphone-nya cukup bagus dan memastikan pengalaman mendengarkan yang luar biasa. Berbicara tentang audio, X60 tidak dilengkapi dengan speaker stereo, meskipun satu speaker yang mengarah ke bawah memang menawarkan output yang keras.

Kompetisi
Vivo X60 telah dibanderol dengan harga Rs 37.999, yang berarti ini bertentangan dengan beberapa penawaran solid di segmen sub-Rs 40k.

Vivo X60 vs OnePlus 9R
Saingan terbesar untuk Vivo X60 adalah OnePlus 9R ( ulasan ). Sementara merek tersebut mungkin telah mengosongkan ruang andalan yang terjangkau dengan OnePlus 9 yang baru diluncurkan ( ulasan ) dan OnePlus 9 Pro ( ulasan ), mereka telah menugaskan OnePlus 9R untuk menjaga wilayah itu. Untuk itu, OnePlus 9R tampaknya menjadi penawaran yang dimuat, dan itu cocok dengan Vivo X60 hampir dari ujung ke ujung. Jadi, pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi pribadi karena perbedaan harganya juga hanya Rs 3k.

Vivo X60 vs Samsung Galaxy S20 FE
Sangat menarik untuk melihat raksasa Korea memperkenalkan perangkat di segmen ini juga. Galaxy S20 FE ( ulasan ), seperti namanya, adalah varian terjangkau dari penawaran andalan tahun 2020 dari merek, Galaxy S20, dan tersedia di bawah Rs 40k berkat pemotongan harga dan juga penawaran. Meski begitu, Galaxy S20 FE tidak mampu 5G ( edisi 5G -nya baru-baru ini dirilis di pasar, dan harganya lebih tinggi), dan diketahui sedikit memanas. Daya tahan baterainya juga tidak bagus.

Vivo X60 vs Xiaomi Mi 10T Pro
Mi 10T Pro ( ulasan ) adalah saingan kuat lainnya untuk Vivo X60, terutama karena ia memiliki beberapa spesifikasi yang mengesankan di atas kertas – kamera utama 108MP, layar kecepatan refresh 144Hz (tetapi tidak ada panel AMOLED), dan 5.000 baterai mAh. Dan jika Anda mengesampingkan fakta bahwa Xiaomi belum mampu membuat tanda di segmen Rs 20k dan di atasnya, maka itu memang membutuhkan pertimbangan yang cermat.

Putusan akhir
Jika Anda sudah mengikuti review ini, maka tulisannya ada di dinding. Vivo X60 adalah smartphone berkemampuan tinggi yang memenuhi semua kebutuhan untuk flagship yang terjangkau … termasuk layar AMOLED 120Hz, chipset Snapdragon 870 kelas andalan, dan fakta bahwa Anda mendapatkan pengaturan tiga kamera 48MP yang sangat mumpuni dan dioptimalkan oleh Zeiss dalam kemasan ramping yang akan menarik perhatian ke mana pun Anda pergi, sambil dikemas dalam sel besar berukuran 4.300mAh.

Nilai editor: 4/5

Pro
Penampilan menarik
Perangkat keras yang kuat
Kamera yang mengesankan
Daya tahan baterai bagus dengan pengisian cepat

Kontra
Bentuknya licin
Tidak ada pengisian nirkabel

aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Similar Posts