Oppo Find X3 Pro 5G

Posted on
Oppo Find X3 Pro 5G
Smartphone unggulan quad-camera Oppo Find X3 Pro menawarkan lensa lebar beresolusi tinggi dan mikroskop. Tapi apakah itu cukup?

TEKNOLOGIA – Oppo telah berusaha keras untuk tampil beda dengan flagship baru Find X3 Pro 5G – tetapi dengan harga premiumnya, ia langsung berhadapan dengan model teratas di jajaran iPhone dan Samsung Galaxy. Ini mengesankan dengan lensa sudut lebar resolusi tinggi, dan mikroskop kebaruannya – tetapi ia menemukan dirinya kekurangan dalam hal kekuatan tembakan telefoto atau zoom, mengecewakan kredensial fotografi keseluruhannya.


Kotak Informasi

Di Indonesia, Oppo Find X3 Pro 5G dibanderol Rp 15.999.000 dengan konfigurasi RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB.


Setahun yang lalu kami menggambarkan Oppo Find X2 Pro sebagai “ponsel kamera yang luar biasa” – jadi kami sangat senang dengan peluncuran smartphone andalan terbaru perusahaan, Oppo Find X3 Pro. Akankah ini memperkuat reputasi pabrikan Cina yang kurang terkenal ini untuk membuat beberapa ponsel kamera terbaik ?

X3 Pro yang didukung 5G tidak membuat segalanya mudah untuk dirinya sendiri, namun, akan dijual seharga £ 1.099 – yang menempatkannya langsung terhadap Apple iPhone 12 Pro Max dan Samsung Galaxy S21 Ultra yang sangat dihormati . Karena itu perlu melakukan sesuatu yang istimewa jika itu benar-benar akan membenarkan harga itu. X3 Pro dijual di Inggris dan Eropa – tetapi saat ini tidak dijadwalkan untuk dirilis di AS.

Desain dan layar
Pra-peluncuran Oppo membuat banyak kebisingan tentang layar untuk Find X3 Pro – dan khususnya tentang kemampuannya untuk menampilkan satu miliar warna berbeda pada layar AMOLED 525ppi-nya. Layar 6,7 inci besar dan indah dan menyenangkan untuk dilihat, dan duduk seperti kolam tanpa batas raksasa di bagian depan handset – dengan kamera depan nyaris tidak terlihat di sudut kiri atas. Tapi itu memiliki tepi tajam dan sisi yang Anda rasakan setiap kali Anda mengambilnya, yang tidak sesuai dengan harga mewah – dan jelas tampak seperti kesalahan desain.

Layar secara teknis adalah tampilan 120Hz, tetapi Oppo telah memilih untuk membuat mode penyegaran dinamis – bervariasi dari 10Hz hingga 120Hz tergantung pada apa yang terjadi, untuk menghemat daya baterai dengan lebih baik. Anda dapat memilih untuk tetap pada 60Hz, jika Anda mau.

Di bagian belakang terdapat one-piece of glass yang inovatif yang menyapu sekeliling untuk membuat unit kamera pahatan untuk menampung empat lensa belakang yang ditawarkan handset. Ini terlihat seperti karya seni modern – benjolan neo-brutalis yang mengesankan bentuk dan fungsinya. Ini adalah tampilan yang akan disukai beberapa orang karena inovasinya – tetapi ini adalah manufaktur pertama yang membuatnya terlihat lebih berbeda dari para pesaingnya, daripada lebih cantik. Dan seperti biasa, panel mengkilap kehilangan kilaunya dengan cepat saat tertutup sidik jari berminyak. Tidak seperti biasanya, ponsel ini dilengkapi dengan penutup belakang silikon yang dicetak, sehingga Anda dapat menjaga lekukan mengkilap itu dalam kondisi murni.

Handset ini tahan debu dan percikan dengan peringkat IP68. Di bawah kap, Find X3 Pro berjalan pada chip pembangkit tenaga listrik Qualcomm Snapdragon 888 yang juga digunakan di handset Android saingan seperti Samsung Galaxy S21 dan OnePlus 9 Pro .

Oppo Find X3 Pro: kamera
Selain estetika, optik dan sensor dalam struktur kameralah yang paling menarik minat pembeli. Dan di sini lagi-lagi Oppo berani tampil sedikit berbeda. Ini adalah perusahaan yang membelikan kami lensa zoom 10x pertama dengan Oppo Reno 10x Zoom beberapa tahun yang lalu – jadi Anda mungkin berharap pabrikan mencoba mengalahkan Samsung Galaxy S21 Ultra di departemen itu, jika tidak mungkin bersaing dengan Zoom 120x dari Xiaomi Mi 11 Ultra terbaru .

Taktik Oppo adalah untuk meningkatkan kinerja lensa ultra-lebar kamera ini. Baik lensa standar f/1.8 wide dan f/2.2 ultra-wide menggunakan sensor Sony IMX766 50 megapiksel yang sama, untuk menawarkan resolusi lanskap, arsitektur, dan potret grup yang belum pernah kita lihat di ponsel sebelumnya. Ada sedikit kompromi di sana untuk mendapatkan kinerja ini dari keduanya, tentu saja, karena kita telah melihat ponsel dengan sensor yang lebih besar dan yang memiliki lebih banyak piksel di kamera utama – tetapi ini tetap merupakan prestasi yang mengesankan.

Zoom digital Oppo Find X3 Pro menawarkan efek hingga 20x
Mereka yang menggunakan kamera DSLR atau mirrorless tentunya sudah terbiasa memiliki sensor yang sama apapun lensa yang mereka gunakan. Jadi, mereka mungkin kecewa mengetahui bahwa lensa telefoto f/2.4 hanya menawarkan gambar 13 megapiksel – jadi sebenarnya tidak lebih baik daripada memotong gambar yang diambil dengan kamera utama. Dan tidak ada zoom 10x di sini – hanya zoom hibrida 5x standar rawa yang mengecewakan jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Namun, ada lensa keempat, yang sekali lagi mencoba sesuatu yang sedikit berbeda. Lensa makro telah menjadi tren di banyak peluncuran baru-baru ini – tetapi Oppo melangkah beberapa langkah lebih dekat dengan menawarkan mikroskop built-in! Itu hanya memiliki resolusi tiga megapiksel – dan Anda harus memiringkan dan menyesuaikan kamera hanya beberapa milimeter dari subjek datar untuk mendapatkan gambar yang dapat digunakan. Tapi ini sangat menyenangkan (setidaknya di awal), dan ada lampu dering built-in untuk memastikan bahwa area subjek terangkat dari bayangan yang ditimbulkan oleh telepon.

Di sekeliling bagian depan terdapat kamera selfie punch-hole yang menawarkan resolusi 32 megapiksel yang sangat dapat diandalkan dengan aperture lensa maksimum f/2.4.

Oppo Find X3 Pro: kinerja kamera
Foto yang diambil dengan Oppo Find X3 Pro umumnya sangat mengesankan. Ini adalah warna dan nada suara yang paling kami sukai – menghasilkan gambar yang sesuai dengan subjeknya, dan yang akan menyenangkan fotografer. Benar-benar ada beberapa bukti bahwa kebanggaan miliaran warna yang dibuat oleh smartphone ini adalah sesuatu yang layak untuk didengarkan.

Ponsel ini juga berkinerja baik dalam cahaya redup – tetapi lensa lebar standar jauh lebih baik karena ini adalah satu-satunya kamera yang menawarkan stabilisasi gambar optik.

Kami senang bermain-main dengan kamera mikroskopis – tetapi sulit untuk mendapatkan hasil yang layak dengannya. Masalahnya adalah bahwa ini dekat dengan subjek Anda (hanya milimeter) adalah bahwa hampir tidak ada kedalaman bidang, sehingga pilihan terbaik Anda adalah mengambil gambar permukaan datar untuk memastikan Anda memiliki cukup tajam dalam bingkai. Namun dalam praktiknya, melakukan manuver handset pada jarak sedekat itu adalah hal yang mudah dan tidak menyenangkan – dan untuk mendapatkan gambar yang layak Anda perlu kesabaran. Kami telah melihat beberapa hasil yang mengesankan dengan kamera ini (lebih baik daripada upaya kami) – tetapi ini bukan fasilitas yang mungkin digunakan lebih dari sekali oleh siapa pun dengan handset ini.

Selfie juga terlihat bagus, berkat resolusi yang ditawarkan. Ada juga AI di tangan untuk membantu melembutkan kerutan itu secara halus sehingga Anda tidak perlu membuatnya jelas bahwa Anda telah di-Photoshop (fungsi ini juga tersedia dengan kamera belakang).

Oppo Find X3 Pro: fitur lainnya
Di samping prosesor Snapdragon 888, ponsel ini dilengkapi dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB; sayangnya menjadi norma tidak ada ketentuan untuk memperluas memori dengan kartu microSD opsional . Namun, Anda memiliki opsi untuk kartu SIM nano kembar.

Ponsel ini mengesankan dengan kemampuan pengisian dayanya. Daya disediakan oleh baterai 4500mAh, tetapi ini dapat diisi ulang melalui kabel menggunakan teknologi pengisian daya flash SuperVOOC 2.0 hingga 65W – memungkinkan Anda untuk mengisi ulang handset hanya dalam 35 menit. Jika Anda lebih suka menggunakan pengisi daya nirkabel , AirVOOC menawarkan kinerja 30W yang mengesankan (mengisi daya penuh dalam 84 menit). Ada juga opsi pengisian balik 10W.

Oppo Find X3 Pro: putusan
Ada banyak hal yang disukai tentang Oppo Find X3 Pro 5G – tetapi yang benar-benar kami perjuangkan adalah harganya. Apa pun pesonanya, dan bahkan jika Anda menyukai desain yang sedikit tidak biasa, sulit untuk membenarkan membayar sebanyak ini. Layarnya mengesankan, dan kameranya mampu memberikan hasil yang layak – tetapi ini bukan paket yang sempurna, sehingga sangat sulit untuk memilih model unggulan teratas dari rentang Apple iPhone dan Samsung Galaxy.

aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Similar Posts